Tabel Teori Masuknya Agama Hindu-Buddha di Indonesia


 No
Nama Teori
Pencetus
Inti Teori
Yang Menyebarkan
1.
Teori Ksatria
R.C.Majundar
Para prajurit India yang diduga melarikan diri kemudian mendirikan kerajaan-kerajaan di kepulauan Indonesia dan Asia Tenggara pada umumnya. Namun, seiring dengan dikeluarkannya teori ini, belum ada bukti-bukti yang meunjukkan adanya ekspansi dari prajurit-prajurit India yang datang ke kepulauan Indonesia.
Para prajurit India yang diduga melarikan diri dan membangun kerajaan di Nusantara.
2.
Teori Waisya
N.J.Krom & G.Coedes
Para pedagang yang datang ke nusantara melakukan perkawinan dengan penduduk pribumi dan melalui perkawinan tersebut mereka mengembangkan kebudayaan India.
Para pedagang.
3.
Teori Brahmana
J.C.Van Leur
Keluarnya teori ini, sejalan dengan penemuan-penemuan prasasti yang menggunakan bahasa sansekerta dan huruf Pallawa. Bahasa dan huruf tersebut hanya dikuasai oleh para brahmana.  
Para Brahmana dari India.
4.
Teori Arus Balik
F.D.K Bosch
Teori ini didasari dengan peranan penduduk Indonesia itu sendiri. Artinya,orang-orang Indonesia lah yang pergi ke India. Mereka datang ke India untuk belajar,dan kembalinya ke Indonesia mereka mengajarkan ilmu-ilmu yang didapat di India.
Bangsa Indonesia yang pergi belajar ke India dan pulang lalu menyebarkan agama Hindu.

 

Komentar

  1. How to Deposit and Withdraw Money at an emperor casino
    A player can 제왕카지노 use this method of deposit money on kadangpintar a slot machine. If the user has a choice between slot machine and a poker table, the first option is to 샌즈카지노 use

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugasmeringkas || Masuknya Agama Hindu-Buddha di Indonesia